Selasa, 21 Februari 2012

Transpotasi ke Singapore melalui Batam



Selasa, 06 September 2011



image by: balog


Perjalanan ini saya lakukan untuk mengunjungi kerabat yang sedang mengalami operasi pengangkatan tumor di Singapore general Hospital di bilangan Outram park Singapore, yang sangat dekat dengan Harbourfront center pelabuhan fery terkenal di selatan Singapore. Pagi-pagi benar saya berada di bandara Soekarno hatta dengan di bekali tiket Sriwijaya air pulang pergi saya pun cek in di counter untuk mendapat tiket penerbangan ( bording pass ).Saya sengaja datang lebih awal agar dapat memilih tempat duduk yang agak leluasa di daerah pintu darurat dalam pesawat . Setelah menunggu beberapa saat kamipun dipersilakan naik pesawat, dan setelah terbang 1jam dan 25 menit pesawat mendarat di Bandara International Batam, sebuah bandara yang di persiapkan secara modern untuk menampung pesawat dari manca Negara.
Dari sini petualangan pertama saya mulai, sebelumnya saya telah menyimak di internet suasana dan kebiasaan dari teman-teman yang telah sering mengadakan perjalan seperti ini , sayapun dengan mantap membeli tiket fery pulang pergi , di terminal kedatang bandara Batam seharga 18 dollar Singapore ,tiket pulang pergi lebih murah di banding dengan tiket sekali jalan seharga 12 dollar Singapore . Setelah mendapat Tiket saya melangkah keluar dari pintu kedatangan bandara dan langsung di sambut oleh petugas yang ramah dan mengarahkan kita pada taxi yang berada di depan kiri pintu kedatangan. Tanpa ragu saya naik satu taxi untuk menuju Pelabuhan fery terkenal Batam Center, sebelum jalan saya Tanya berapa ongkos taxi ke Batam center kepada supir taxi, di jawab biasanya seharga 70.000 , namun kali ini dalam suasana lebaran supir minta tambahan se ikhlas nya. Ya perlu di ketahui di Batam ada 4 pelabuhan fery, namun menurut informasi yang saya dapat, yang paling baik fasilitasnya ya Batam Center yang terhubung dengan sebuah Mall yang cukup besar di sana.

Dalam perjalan dari Bandara batam ke pelabuhan fery Batam center , tidak lupa meminta informasi pada sang supir cara cek in di pelabuhan kelak. Di beri tahu agar saya naik ke lantai 2 untuk cek in atau daftar ulang tiket yang telah di beli di Bandara tersebut untuk mendapatkan boarding pass, setelah sampai di depan loket Batamfast saya menyerahkan tiket dan passport untuk cek in, setelah membayar pajak perjalanan dan asuransi perjalanan sejumlah 7 dollar , maka di berikanlah dukumen lengkap perjalan saya , berupa passport , kartu douane imigrasi baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah Singapore serta Boarding pass untuk naik ke fery Batamfast.
Sekarang waktunya makan siang sambil menunggu panggilan dari imigrasi untuk masuk ke ruang tunggu keberangkatan .selesai makan saya bergegas mengantri didepan pintu masuk ruang cek in imigrasi , setelah di panggil satu persatu passport kita di cap untuk izin keluar negeri serta separuh kartu imigrasi yg telah diisi lengkap tanda tangan kita dan cap petugas imigrasi dikembalikan kita . kartu ini dan passport jangan sampai hilang , bila kita tidak ingin kesulitan kelak kembali ke Indonesia.
Awalnya saya sempat ragu, pada saat membelian tiket fery di Bandara, karena menerima karcis dari pelayaran BatamFast, sebab semua informasi di Internet merekomendasikan untuk memakai maskapai fery Penguin, Namun semuanya sirna setelah naik fery batamfast yang terlihat kuat, bersih dan relative masih baru.
Singkat cerita , fery telah merapat di pelabuhan Fery Harbourfront di kota Singapore, empat buah fery beruntun masuk kepelabuhan tersebut, bisa dibayangkan saya harus mengantri di baris khusus bagi pendatang untuk clearance imigrasi selama 1 jam lebih. Sehabis melalui petugas imigrasi Singapore yang bekerja cepat, selanjutnya pemeriksaan barang bawaan melalui detector , tidak terkecuali semua tas dompet yang nempel di badan pun harus di lepas . Sehabis pemeriksaan detector maka kita dapat langsung keluar dari area pelabuhan disambut oleh mall besar vivo city yang didalamnya ada terminal kereta bawah tanah MRT , bus dan taksi, oh ya perjalanan melalui laut ini memakan waktu kurang dari satu jam.
Nah selesai lah babak pertama saya mengadakan perjalan jauh lintas Negara memakai fery dari kota Batam Indonesia ke kota Singapore di semenanjung selat malaka.
merdeka, selalu melayani, terus bersemangat, hingga kita sampai baka..... by: balog karoseri bus indonesiahttp://www.batamfast.com/index.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar